Selasa, 14 September 2010

MANISNYA MASAKAN ALA KOREA


Laper,…. laper,… laper,….

Jalan-jalan sambil silahturahmi ma temen-temen memang asyik. Apalagi kalau habis kumpul ma temen-temen lama yang udah lama gak ketemu. Wah, bisa-bisa lupa waktu. Setelah pulang ke rumah masing-masing baru terasa deh kalau perut udah keroncongan minta diisi. Apalagi kalau selama pergi perut Cuma diisi 7 jenis air, mulai dari air putih, air sirup, air soda, air jeruk, air teh, air mochacinno dan yang terakhir air liur.

Nah, kalau sobat yang mengalami situasi seperti ini, apa yang bakalan sobat lakukan? Mencari persediaan makanan di kulkas dan di lemari makan sepertinya sudah pasti sobat lakukan. Nah, gimana kalau di kulkas dan di lemari makan sobat cuma ada angin. Wah, kalau dipaksakan makan angin, bisa-bisa perut sobat pada kembung semua. Ya udah deh, daripada puyeng mikirinnya yuk ikut jalan-jalan ke “Bingsu Jip”.
Buat kebanyakan sobat yang tinggal di Pontianak pasti tau deh tempat makan “Bingsu Jip”. Tempat makan makanan korea ini terletak di Jalan Johar no 60b. Tempat ini tidak terlalu besar kalau dilihat dari luar. Kaca besar transparan tanpa tirai membuat  orang-orang yang berada di dalamnya terlihat dengan jelas dan begitu pula sebaliknya. Bagitu kita masuk ke dalam ruangan, kita akan di sambut oleh kakak-kakak penjaga yang ramah yang kemudian akan memberikan kita bantal duduk yang nyaman. Bantal duduk itu kita pakai selama kita makan di sana karena tempat ini hanya menyediakan meja untuk makan sambil lesehan.

Bingsu Jip menyediakan berbagai menu makanan yang berbau korea.  Sobat bisa memilih menu-menu tersebut diantaranya Sokogi tangsuyuk,  chajangmyon, chicken kare, bokembab, cheese kimbab, gematsal, bibimbab  dan masih banyak lagi menu lainnya. Karena pada waktu itu waktu sudah menunjukkan pukul 20.45 dan perut saya sudah berdemo maka saya segera menjatuhkan pilihan pada chajangmyon dan minuman teh ginseng korea.

Chajangmyon itu adalah……..????????
Yak, dan akhirnya pertanyaan itu terjawab ketika sepriring mie yang dilumuri saus pasta hitam dihidangkan ke atas meja saya. Selain itu juga ada terdapat irisan bawang Bombay, irisan daging ayam dan kacang polong berwarna hijau. Makanan korea dikenal dengan kandungan rendah lemaknya. Meski begitu  rendah lemak tetap tidak berarti juga rendah kalori. Mengenai rasanya sendiri, hampir sama seprti kebanyakan masakan korea yang lain yaitu rasa manisnya yang khas. Rasa manis itu datangnya dari saus kedelai hitamnya yang kental karena mie di dalamnya justru tidak memiliki rasa sama sekali.
Untuk memakan chajangmyong ini saya harus menggunakan sumpit yang telah disediakan. Sungguh satu hal yang benar-benar tidak saya antisipasi karena sebenarnya saya ini tidak terlalu bisa menggunakan sumpit untuk makan. Alhasil, waktu makan saya jadi lebih lama 2 kali lipat dari biasanya dan 2 kali lipat lebih berantakan dari yang biasa saya lakukan. Oia, sedikit tips, sebaiknya kalau sobat berniat makan mie hitam ini, jangan lupa memeriksa bibir dan sekitar mulut anda karena pasta hitamnya mungkin saja melekat. Malu dong rasanya kalau kita keluar dari sana dalam keadaan mulut yang belepotan saus.

Selanjutnya, teh ginseng korea itu apa sih……..????????
Teh yang disebut-sebut sebagai teh ginseng korea ini sekilas mirip dengan teh yang biasa kita minum sehari-hari di rumah. Namun teh ginseng korea ini amat dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia dan sudah diakui keunggulan mutunya. Rasanya manis, mungkin karena di dalamnya ditambahkan sedikit gula.
Setelah kenyang makan chajangmyon dan diakhiri dengan minum secangkir the ginseng korea hangat saya tak lupa memesan chamchi kimbab untuk mama tercinta di rumah. Kalau sobat pernah menonton darama-drama korea, biasanya terdapat menu kimbab di dalamnya. Kimbab berbentuk gulungan nasi. Mengenai rasanya……………………………………………sepertinya sobat bakalan lebih tertarik mengetahui bagaimana rasanya dengan langsung mencobanya sendiri dibandingkan bila saya yang mengatakannya ^.^  selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar